Cara Membedakan Levi's 501 Orginal vs 501 Replica Premium

Awalnya dibuat untuk digunakan sebagai pakaian kerja kasar di era 1800an, kemudian dipakai oleh para Cowboy, aktor, kaum kreatif, atlet, hingga musisi, kini Levi’s Jean ada dimana-mana dipakai dari generasi ke generasi.

Model yang klasik namun tidak pernah ketinggalan jaman, terkenal kuat dan tahan lama, warna yang memudar dengan indah, juga merupakan merk terpopuler di dunia, adalah beberapa alasan mengapa Levi's Jean layak dijadikan koleksi yang ikonik.

Karena kepopuleran tersebut, membuat produk brand ini banyak ditiru, seri 501 adalah salah satu yang paling banyak tiruannya, notabene makin kesini semakin mirip-mirip saja dengan aslinya.
Hal yang cukup membuat konsumen pemula, bingung membedakan produk original dan tiruan.

Atau bahkan Ada yang pernah tertipu merasa senang membeli Jean Levi dengan harga murah, yang katanya asli import, padahal pada kenyataannya yang didapat adalah produk replica/kw premium, (istilah kerennya grade ori).

Perlu diketahui bahwa produk original Levi's memiliki Artikel Number yang dapat dilacak.
Untuk seri 501 sendiri ada beberapa perbedaan yang mencolok antara produk Original vs produk replica yang bisa dikenali tanpa melihat art number.

Back Leather Patch/Tag
Ada banyak macam leather patch/label kulit pada jean Levi's. Saya pilih dua model saja.
Pertama, ada label kulit tipis memanjang yang ada lebihnya, model yang paling familiar dikalangan para pencinta Levi's 501 angkatan tahun 2000an kebawah.


Label kulit model ini untuk Levi’s 501 original, umumnya menyentuh jahitan HIP dibawahnya, selain kulit terbaik, print logo presisi, terlihat lebih cerah, dengan jahitan rapi.

Sedangkan patch 501 replica/grade ori, meski terbuat dari kulit, warna buram cenderung kehijauan, meski beberapa ada yang menyentuh jahitan HIP, tapi diameternya lebih kecil, (ukuran diameter diphoto terlihat sama, karena pengaruh kemiringan kamera), jahitan kurang rapi,  dan jika jeli anda bisa melihat perbedaan pada gambar kudanya.

Kemudian patch tebal berbentuk kotak.
sedikit lebih mudah membedakan produk original dan produk replica pada model ini.
sebab patch pada Levi’s orignal terbuat dari kulit asli yang lentur tidak kaku, jahitan lebih rapi, serta cetakan gambar lebih real.


Sedangkan pada produk replica, bahannya terbuat dari kulit sintetis yang keras dan kaku, cenderung sangat tebal, serta jahitannya terlihat kurang rapi.

Belt Loop
Untuk produk Levi’s keluaran tahun 2000an keatas model belt loop umumnya membulat lebih kecil, terlihat mewah dan kokoh, seperti gambar dibawah.

Lain hal untuk LVC dan LMC, koleksi2 ini menghadirkan kembali detail model belt loop klasik tempo dulu, dengan tampilan lebih modern.


Belt loop pada 501 replica bentuknya meniru desain model lama, hanya pada replica kurang kokoh dan terlihat kurang rapi.

Model belt loop ini realese kembali pada pertengahan 2018 dengan Patch kulit bertuliskan LOT , Tab (LEVI'S) / big E / huruf besar, seperti gambar dibawah.
(minus patch kulit belakang ada beberapa yang luntur jika dicuci)


Button Fly 
Meski sama putih, button atau kancing pada Levi's 501 Original keluaran sekarang terlihat kusam, dengan detail tulisan lebih presisi.

Pada 501 replica button terlihat lebih mengakilat, detail tulisan kurang presisi, meskipun kadang ada juga sebagian yang kusam tapi tetap berbeda jika diperhatikan secara seksama.
 

Ada 2 pendapat untuk ini,
Ada yang mengatakan bahwa Levi's 501 original small buttonnya 4,
ada pula yang mengatakan 3, jadi biar kita luruskan : untuk size 32 keatas umumnya small buttonnya 4, tapi untuk size 31 kebawah ada yang mengadopsi small button 4, ada juga yang hanya 3 saja.

Setelah saya review size yang sama, perbedaannya untuk small button 4, lingkar pinggang lebih besar, selangkangan juga sedikit lebih panjang dibanding yang small button 3.

Rivert
Sengaja dipilih yang sama-sama terang ya, soalnya rivert replica rata-rata berwarna terang, terlihat kuning mengakilat seperti gambar dibawah, cetakan atau detail tulisannya kurang jelas.

Pada 501 original yang menggunakan rivert kuning terlihat seperti ada manis-manis nya gitu, hehehe, cetakan atau detail tulisannya lebih jelas.


Original ataupun replica, rivert ini juga banyak macamnya, ada hitam, silver, tapi pada umumnya berwarna emas, modelnya pun ada yang cembung ada cekung.
Tidak sulit membedakan karena, perbedaan sangat jelas dari tampilan,  bahan rivert replica juga cenderung lebih tipis sehingga terlihat kurang kokoh.

Back Pocket 
Back pocket atau saku belakang pada Levi's 501 original jarak antara jahitan saku makin kebawah makin menyempit, bentuk lebih tajam dengan jahitan arcuate lebih landai
sedangkan model saku dan jahitan arcuate replica adalah sebaliknya, (meniru desain arcuate seri lama)


(Arcuate adalah jahitan melengkung berbentuk batwing pada saku belakang jeans Levi’s)

Red Tab
Red tab atau tab merah bertuliskan Levi’s pada saku belakang, sepintas tidak ada perbedaan, tapi jika diperhatikan secara seksama red tab pada 501 original lebih presisi.

Pada 501 replica terlihat sedikit lebih kecil, tulisan kurang presisi, jarak dari ujung saku bagian atas lebih dekat.


Leg Opening
Levi’s 501 keluaran tahun 2000an keatas rata-rata lipatan pada leg opening atau bentuk HEMnya lebih kecil, sedangkan pada 501 replica lipatan leg opening atau HEMnya lebih lebar, meniru model HEM keluaran lama.


Untuk versi patch kulit tebal, jahitan dalam HEM model rantai, dan pada versi patch kulit tipis panjang, jahitan dalam leg HEMnya biasa saja atau bukan model rantai.

Leg opening atau jahitan dalam hem replica, baik itu patch tebal ataupun tipis tetap model rantai.

Jahitan
Tentu saja jahitan pada produk original lebih rapi dan lebih rapat, dengan benang yang dibuat khusus, agak susah ditemukan dipasaran atau mungkin juga tidak ada.


Stamp button 4 digit angka wajib ada, biasanya berbeda dari masing-masing  negara pembuat.

Tapi jangan terkecoh karena beberapa produk replica juga memiliki stamp button, yang juga tembus pada care labelnya.

Detail bagian dalam lainnya seperti logo two horse pada saku, dan care label hampir mirip2 aja, hanya pada produk original bahan saku yang digunakan juga berbahan khusus,
dengan care label dipinggang sebelah kanan.

Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu buat teman-teman pemula, yang ingin berburu diluar OLS atau stand resmi.
Jika ingin melihat video reviewnya klik disini

Jika langsung belanja ke OLS atau stand resmi Levi’s, tidak perlu ragu atau membandingkan lagi,

  • karena OLS dan stand resmi tidak mungkin menjual barang KW/Replica, Wassalam.

Komentar (0)

Posting Komentar